Pages

Monday, January 31, 2011

ETIKA: ALIRAN DAN NILAI


Pengertian Etika Dan Pandangan Filsuf
Etika adalah ilmu yang membahas perbuatan baik dan perbuatan buruk manusia sejauh yang dapat di pahami oleh pikiran manusia.etika disebut pula akhlak atau disebut pula moral. Apabila disebut akhlaq berasal dari bahasa arab. Apabila disebut moral berarti kebiasaan. Istilah moral berasal dari bahasa latin mores.
Mempelajari etika bertujuan untuk mendapatkan konsep yang sama mengenai penilaian baik dan buruk bagi semua manusia dalam ruang dan waktu tertentu. Etika biasanya disebut ilmu pengetahuan normative sebab etika menetapkan ukuran bagi perbuatan manusia dengan penggunaan norma tentang baik dan buruk.
Beberapa filsuf telah memberikan pandangan tentang etika. Sejak stoa masalah etika telah menjadi salah satu pembahasan pokok filsafat. Menurut stoa, filsafat terdiri dari tiga bagian yaitu: fisika, logika, etika yang berfungsi sebagai buahnya.
Seorang tokoh skolastik memikirkan tentang etika lebih dekat kapada aspek manusianya. Moral belaku secara social maupun individual dipertimbangkan dari tabiat manusia secara hakiki sebab manusia adalah makhluk social. Dalam hal ini seorang filsuf Thomas Aquinas telah menampilkan metode induktif di dalam manguraikan etika.
Beberapa Aliran Dalam Etika
Pada hakikatnya etika erat kaitannya dengan perbuatan manusia. Apabila dikaji secara mandalam tujuan perbuatan manusia adalah kebahagiaan. Pembahasan etika memang sangat erat kaitannya dengan perbuatan manusia baik secara aktif maupun pasif.
Hedonisme adalah aliran doktrin etis yang mamandang kesenangan sebagai kebaikan yang paling utama dan kewajiban seseorang ialah mencari kesenagan sebagai tujuan hidupnya. Menurut hedonisme yang dipandang sebagai perbuatan baik adalah  perbuatan-perbuatan yang mandatangkan kelezatan atau kesenagan terbesar terhadap diri sendiri secara individual. Sedangkan hedonisme universalitaistik menilai sesuatu yang baik adalah hal-hal yang bertujuan untuk mewujudkan kelezatan atau kesenangan umum terbesar aliran hedonisme didukung oleh : demokritos, aristeppos dan epikcor

Nilai-Nilai Luhur Dalam Etika
Diawal bab ini telah diuraikan tentang arti etika. Istilah etika sama dengan mores (bahasa latin), dan akhlak (bahasa arab). Dalam akhlak (etika islam) terdapat beberapa nilai luhur yang bersifat universal, yaitu :
-         Kejujuran
-         Kabaikan
-         Kabenaran
-         Rasa malu
-         Kesucian diri
-         Kasih sayang
-         Hemat
-         Sedarhana
Kejujuran memiliki kesamaan dengan makna “amanah . dalam pemahaman lain al-amanah berarti berlaku jujur. menurut bahasa arab amanah berarti kejujuran kesetiaan dan ketulusan hati menurt bey arifin dan H. Abdullah said pengrtian amanah sebagai berikut : dari kitab-kitab tafsir yang terkenal dapat diambil kesimpulan, bahwa kata amanah itu adalah suatu pertanggung jawaban yang hanya dapat di bebankan atas manusia. Dengan demikian, maka tampaklah selalau amanat bergandengan dengan hikmat, kebijaksanaan dan kemanusiaan amanat adalah suatu tanggung jawab terhadap terlaksananya seluruh kewajiban social dan akhlak.
            Kebaikan memilki aspek kesamaan dengan al-barr (dalam bahasa arab). Dalam keluasan maknanya al-barr meliputi aspek kemanusiaan dan pertanggung jawaban ibadah kepada Allah SWT. Dalam jalur hubungan kemanusiaan dalam tata hubungan hidup keluarga dan kemasyarakatan wajib dipahami bahwa kedua orang tua ayah dan ibu menduduki posisi yang utama. Walaupun demikian kewajiban ibadah allah-lah dan taat kepada rasul tetap berada di atas hubungan horizontal kemanusiaan. Berarti bahwa, dalam tertib kewajiban berbakti, mangabdi dan menghormati kedua orang tua (ayah dan ibu) menjadi giliran berikutnya setelah beribadah kepada allah dan taat kepada rasulnya.
Kebenaran memiliki persamaan makna dengan ash-shidiq (bahasa arab) as-shdiq diartikan pula berlaku benar. Termasuk sifat baik yang dinilai terpuji menurut etika islam dengan tujuan untuk menyisihkan setiap manusia perbuatan jahat terhadap orang lain. Menurut etika islam, sifat ash-shidiq adalah sikap mental yang mampu memberikan dorongan kuat untuk beramal sesuai dengan kenyataan yang sesungguhnya baik dalam ucapan maupun perbuatan.
Rasa malu memiliki kesamaan makna al-haya dalam bahasa arab. Al-haya diartikan pula malu sifat tersebut merupakan kemampuan di dalam jiwa setiap insan yang dapat berfungsi sebagai pengahalang bagi seseorang untuk malakukan perbuatan-perbuatan tercela perbuatan-perbuatan yang dapat mendegradasi nilai-nilai kemanusiaan sendiri karena merusak norma-norma agama, social dan kesusilaan.
Kesucian diri memiliki kesamaan arti dengan al-ifah bahasa arab dalam pemahaman lain al-affah diartikan memelihara kesucian diri. Termasuk salah satu sifat yang terpuji baik dari segi nilai ilahiyah mapun kemanusiaan. Sifat tersebut ialah al-ifah sifat al-ifah pada hakikatnya merupakan pribadiaan yang mampu untuk menjaga diri dari perbuatan jahat.
Kasih sayang memilliki kesamaan makna dengan ar-rahman bahasa arab. Biasanya ar-rahman dibahas bersama al-barr kasih sayang merupakan pembawaan naluri setiap orang. Kasih sayang, dalam etika islam termasuk salah satu sifat yang terpuji. Perwujudan sifat kasih sayang atau ar-rahman di dalam etika islam meliputi : perlakuan kasih sayang di dalam keluarga, kasih sayang dalam lingkungan dan antar bangsa. Jika seseorang memilki sifat ar-rahman maka ia akan memilki tingakah laku suka menyambung tali kekeluargaan, mamilki rasa persaudaraan yang sangat erat, mudah damai, suka menolong orang lain yang sedang mengalami kesulitan, mudah memaafkan kesalahan orang lain kepadanya dan sifat pemurah. Sifat-sifat mahmudah yang tercakup dalam etika islam sangat di butuhkan dalam kehidupan masyarakat.
Hemat meiliki kesamaan makna dengan al-istishad bahasa arab. Al-istishad berarti pula berlaku hemat termasuk salah satu sifat mahmudah menurut etika islam ialah hemat dalam penggunaan harta, hemat merupakan jalan tengah antara kikir dan boros yang berarti pula perbuatan tersebut merupakan langkah untuk membelanjakan harta kekayaan dengan sebaik-baiknya dengan cara yang wajar.
Kesederhanaan kadang-kadang disamakan dengan istilah qana’ah atau zuhud bahasa arab Salah satu sifat yang dapat membuat hati tenang adalah qanaah juga disejajarkan dengan sifat zuhud jika di tilik dari sumbernya, maka bagi orang-orang yang beriman kepada allah qanaah atau zuhud yang hakiki adalah sifat yang semata-mata muncul dari hati sanubari karena sadar akan nikmat rahmat dan anugerah ilahi yang secara metafisik berada di balik segala keadaan.

0 Coment:

Post a Comment