Pages

Thursday, February 3, 2011

5 TIPS MENJADI PENCAYA DIRI

Kepercayaan diri seseorang adalah alat utama untuk tetap dapat eksis dalam bermasyarakat, terutama bagi mereka yang sedang bergelut di dunia bisnis. Karena hal ini dapat berpengaruh pada seberapa besar perusahaan mereka akan berkembang dan dianggap oleh klien mereka.

Untuk menjadi pribadi yang mempunyai kepercayaan diri tinggi tidaklah sulit, kendati butuh tekad yang kuat untuk merubah kebiasa kita selama ini. Berikut akan kami berikan 5 tip yang dapat meningkatkan kepercayaan diri anda sehingga akan lebih memudahkan anda untuk bergaul dan mencari rekan bisnis.
1.       Katakan hal-hal yang positif tentang diri Anda
Kita sering mendengar kebanyakan orang berbicara tentang diri mereka sendiri dengan kata-kata yang cenderung merendahkan mereka atau berpikir pesimis pada diri mereka. Hampir setiap hari kita mendengar kata-kata “Aku tidak pintar”, “Aku tidak sanggup melakukan hal itu”, “Aku kan jelek” dan sebagainya.
Jika orang-orang membicarakan hal-hal yang negative tentang diri sendiri dan terus-menerus melecehkan dirinya, maka sedikit kemungkinan kita bisa cocok bekerja sama dengan mereka. Apabila kita melecehkan diri kita sendiri, pastilah harga diri kita pun runtuh sedikit demi sedikit. Maka jangan pernah berkata negatif tentang diri kita sendiri karena itu akan berakibat negatif pula pada kita.
2.       Menjadikan dirimu teman yang baik
Banyak orang sering berkata betapa mereka membenci diri mereka ketika sedang merasakan harga diri rapuh. Mereka mencela diri karna perilaku mereka sendiri, kesalahan-kesalahan yang telah mereka perbuat dan ketidakmampuan dalam membuat keputusan. Tatkala harga diri kita rapuh, maka rasa benci terhadap diri sendiri justru hanya akan lebih merendahkan diri kita.
3.       Melihat ke depan dan melupakan masa lalu
Kita semua bisa menengok ke belakang dan menyesali tindakan-tindakan kita, namun kita tidak sanggup mengubah masa lalu. Apabila kita terus dirundung lara lantaran apa yang mesti dan tidak kita lakukan, maka hidup kita akan sengsara dan harga diri kita akan menjadi sangat rendah.
Berhentilah menyalahkan dirimu, yang lalu biarlah berlalu. Ingat, kau sudah melakukan yang terbaik sesuai kemampuanmu, dan sekarang songsonglah masa depan yang baik.
4.       Luangkan waktu untuk dirimu sendiri
Pernahkan kau merasa tampak tidak punya banyak waktu untuk dirimu sendiri? Hal ini agaknya menjadi suatu masalah yang lebih banyak terjadi pada perempuan ketimbang pada laki-laki. Tugas perempuan barangkali lebih berat, tak heran bahwa kita sering tidak punya waktu untuk diri kita.
Lakukanlah sesuatu hanya untuk dirimu sendiri. Menikmati suasana malam bertabur bintang, pergi ke salon piƱata rambut, atau pergi berenang. Aturlah waktumu sebaik mungkin. Ketika kau merawat dirimu dengan cara ini niscaya kau menyadari bahwa kebutuhanmu pun sama pentingnya dengan kebutuhan orang lain. Karena itu, tingkatkan penghargaan atas dirimu.
5.       Tersenyumlah maka dunia akan tersenyum padamu
Ketika harga diri rendah, kita akan terlihat hina dan sulit berhubungan dengan orang lain karena kita terikat oleh perasaan jelek mengenai diri kita sendiri. Kadang kita bisa memusnahkan lingkaran ini dengan mengubah sesuatu menjadi sangat mudah, seperti ekspresi wajah. Senyuman bisa menghancurkan lingkaran negative dari perasaan rendah diri, tingkat patah hati dan merasa tidak mampu berhubungan dengan orang lain, perasaan tidak berharga dan sebagainya. Pandangi wajahmu di cermin dan tersenyumlah. Senyuman yang sesungguhnya adalah senyuman dengan keseluruhan wajahmu dan berasal dari dari dalam hati.

Demikian sedikit tip untuk meningkatkan kepercayaan diri kita dihadapan orang lain. Semoga bermanfaat dan tetap Optimis dalam hidup.

0 Coment:

Post a Comment