Pages

Monday, January 31, 2011

CINTA DAN KASIH SAYANG

Arti Cinta Kasih
Menurut kamus umum bahasa Indonesia karya WJS poerwardaminata , cinta adalah rasa sangat suka (kepada) atau (rasa) saying (kepada) ataupun (rasa) sangat kasih atau tertarik hatinya. Sedangkan kata kasih artinya perasaan saying atau cinta dan kasih itu hamper sama sehingga dapat dikatakan kata kasih lebih memperkuat kata cinta. Karena itu, cinta kasih dapat diartikan sebagai perasaan suka (sayang) kepada seseorang yang disertai dengan perasaan belas kasih.
Walaupun cinta dan kasih mengandung arti yang hampir bersaman, keduanya memilki perbedaan, yaiut cinta lebih mengandung pengertian tentang rasa yang mandalam, sedangkan kasih merupakan pengungkapan untuk mengeluarkan rasa, sifatnya mengarah kepada orang yatau yang dicintai degnan kata lain, bersumber dari cinta yang menbdalam itulah kasih dapat diwujudkan dengan kata dayang, kata ini mengandung pengertian lebih nyata dcalam wujud cinta seseoarang makhluk hidup mana sajakah yang mengenal cinta kasih?
Menurutr tipologi heymans, seseorang yang banyak memiliki cinta kasih termasuk dcalam tipe kholerikus. Orang yang tergolong dalam tipe ini tidak mau diam dan selalu memiliki keinginan berbuat sesuatu dan kegiatannya selalu terserah kepada rasa sosiabilitas yang tinggi. Marreka memiliki rasa belas kasihan, suka duka menolong sebgai pertanda rasa kasihnya kepada orang lain. Selain bertipe kholerikus, manusia tipe gepassioneerd juga memiliki sifat yang penuh cinta kasih walaupun ia tergolong keras dan disiplin tinggi. Mereka orang-orang baik hati yang berbuat sesuatu untuk orang lain atas dasar cinta kasih.
Untuk mendcalami cinta kasih secara mandalam, akan diuraikan tentang cinta dalam kehidupan sehari-hari. Dcalam membicarakan cinta, yang pertama-tama perlu disadari bahwa cinta bukanlah nafsu. Pernyataan tersebut sangat penting.khususnya bagi remaja yang tingakat nafsu seksualnya sedang bergejolak, biasanya merasa sulit membedakan antara cinta dan nafsu karena keduanya sdanagat berdekatan. Sulit dihindari bahwa dasar cinta mujrni seseorang terhadap lawan jenis akan bermuara pada perkawinan dan membawanya pada hubugan seksual.

Menurut Erick Fromm, cinta terdiri dari lima macam, yaitu:
Cinta kepada Allah
Diantara objek-objek pemujaan, yang ditunjukan kepada yang maha kuasa, yang bersifat pemujaan tertinggi pemujaan tersebut dilakukan oleh manusia religious atau manusia agama, yaiut orang-orang yang menitik beratkan kehidupannyapada yang maha kuasa. Pemujaan terhadap yang maha kuasa disebabkan adanya kesadaran manusia atas kekuasaan dan kemampuan yang dapat menentukan hidup matinya seluruh makhluk di bumi ini. Begitu tinggi pemujaan itu diberikan sehingga manusia berkeyakinan bahwa selam hidup di dunia ini, mereka harus berbuat baik sesuai dengan perintah yang maha kuasa dan menghindarkan diri dari larangannya. Mereka yakin ada kehidupan surge dan neraka setelah mati nanti, yang berbuat baik tempatnya disurga sebaliknya yang melanggar perintahnya akan ditempatkan di neraka.
Pengertian yang maha kuasa sekarang sudah lebih mentap dengan tuhan yang maha esa, Allah yang maha kuasa di Indonesia, pengertian tuhan ynag maha kuasa dalam agama ialam,Kristen, hindu dan budha sudah mendekati titik persamaan. Hanya sebutan saja yang berbeda-beda. Dilihat dari sejarahnya perkembangan agama, dapat dipahami bahwa manusia hanya mengenal adanya satu tuhan yang bersifat universal.

Cinta diri sendiri
Ada juga kasih sayang yang bersumber pada cinta sendiri. Telah dikemukakan, bahwa disamping mencintai sesame manusia, seseorang perlu memiliki cinta kepada diri sendiri. Banyak orang menafsirkan bahwa cinta kepada diri sendiri itu diidentika dengan egoistis. Apabila maksudnya demikian, maka cinta kepada diri sendiri bernilai negative. Tetapi, apabila diartikan cinta diri sendiri dengan mengurus diri sendiri sehingga kebutuhan jasmani dan rohaninya terpenuhi secara wajar, maka cinta diri sendiri bernilai positif.
Cinta erotis
Kasih sayang yang bersumber dari cinta erotis (sifatnya kebirahian) merupakan suatu yang bersifatnya ekslusif, sehingga sering memperdayakan cinta yang sebenarnya. Hal ini disebabkan letak antara cinta dan nafsu yang tidak berbeda jauh.
Padahal, keduanya sangat bertolak belakang sifatnya. Kasih sayang dcalam cinta erotis merupakan kontak seksual yang asli sedangklan kasih sayng yang ideal adalah yang bersumber pada cinta. Oleh karena itu, dalam kehidupan rumah tangga yang diikat dengan tali rohaniah, maka dalam dirinya akan timbul beban mental. Ia akan merasa berdosa atas kekurangannya, begitu juga sebaliknya, berdosalah seorang istri jika tidak mau melayani kehendak seksual suaminya. Oleh karena itu, timbul rasa tidak puas antara suami dan istri dalam hubungan seksual, seksual, sehingga akan menimbulkan kerenggangan hubungan yang dapat berakhir dengan perceraian.
Jadi, kasih sayang sebagai perwujudan cinta erotis dapat menjadsi pengikat erat dalam hubungan suami istri. Apalagi bila mereka sudah dikaruniai anak. Namun, orang melakukan hubungan seksual atau dasar erotis tanpa didasari cinta seperti, yang terjadi ditempat pelacuran, tidak akan menimbulkan rasa kasih sayang karena yang ada hanya hubungan badan dengan pelicinnya, uang?
Cinta keibuan
Kasih saayng yang bersumber pada cinta keibuan, tedapat pada diri seorang ibu terhadap anaknay. Ibu yang memperoelh benih anak dari suaminay tercinta akan memelihara anaknya secara hati-hati dan penuh kasih sayng demi kese;lamatan keturunannya. Setelah anak lahir melalui penderitaan yang hebat, dirawat and diasuhlah sang mutiara hati itu dengan penuh kasih sayang. Disusuinya dengan penuh pengertian dan kasih sayang sambil dibelai rambutnya, diajaknya tersenyum pada hubungan yang dekat, diberinya pakaian penghangat, digantinya popok yang basah atau kotor, serta dimandiakn agar permata hatinya kian segar seolah-olah tidak ada harta yang lebih berharga dari pada bayi yang selalu ditimangnya dengan penuh rasa kasih sayang.
Cinta persaudaraan
Cinta persaudaraan diwujudkan manusia dalam tingkah laku atau perbuatan. Cinta persaudaraan tidak mengenal batas-batas suku, bangsa ataupun agama. Dalam cinta ini semua manusia adalah sama, yaitu sebagai makhluk ciptaan Allah. Atas cinta yang demikianlah, seseorang tidak mempunyai rasa pamrih untuk berbuat baik kepada sesamanya.

Kasih Sayang
Menurut kamus bahasa Indonesia karangan WJS poerwadarminata, kasih sayang diartikan dengan kasih sayang, perasaan cinta atau perasaan suka kapada seseorang.
Ada bermacam bentuk kasih sayang, bentuk itu sesuai dengan kondisi penyayang dan yang disayangi.
Dalam kehidupan rumah tangga, kasih sayang merupakan kunci kebahagiaan kasih sayang pertumbuhan dari cinta. Percintaan muda-mudi yang diakhiri dengan perkawinan menjadikan rumah tangga mereka bukan lagi berdasarkan cinta semata, tetapi bersifat kasih mengasihi atau saling menumpahkan kasih sayang.
Dalam kasih sayang masing-masing pihak dituntut untukj memiliki tanggung jawab, pengorbanan, kejujuran, saling percaya, saling pengertian, saling terbuka sehingga keduanya merupakan kesatuan yang bulat dcan utuh.
Bila salah satu unsur kasih sayang hilang, misalnya unsur tanggung jawab, maka retaklah keutuhan rumah tangga itu. Kasih sayang yang tidak disertai kejujuran akan mengancam kebahagiaan rumah tangga.
Yang dapat merasakan kasih sayng bukan hanya suami atau istri atau mereka yang telah dewasa saja, melainkan bayi yang masih merahpun dapat merasakan kasih sayang dari ayah atau ibunya. Ia dapat mengenal suara atau sentuhan tangan ayah adan ibunya. Bagaimana ibunya memegang, menggendong telah dikenalnya. Hal ini karena sang bayi telah mempunyai kepribadiaan.

0 Coment:

Post a Comment