Pages

Thursday, February 3, 2011

MENEMUKAN KEKURANGAN

Suatu kali seorang bijak pernah member nasihat begini, “Cara paling tepat untuk mengetahui kekurangan-kekurangan pada dirimu ialah dengan melihat apa yang tidak kau sukai dari diri orang lain”. Ia lantar bercerita.

Hari itu keluarganya baru saja menerima pegawai baru sebagai tukang masak. Malkum pembantu yang lama pulang kampung untuk seterusnya karena ibunya meninggal. Nah, suatu siang istrinya meletakkan sekotak permen di atas rak dapur. Sejam kemudian kotak itu terasa ringan. Ternyata isi di dalamnya sudah tidak ada. Tentunya sudah berpindah tempat. Bernarlah, permen-permen itu sekarang terlihat terbungkus rapi di dalam sebuah kantung kertas yang disisipkan diantara barang-barang tukan masak baru.

Karena bijaksana, sang istri sengaja tidak mau mempermalukan si tukan masak. Ia hanya memindahkan permen-permen itu dan menyimpannya di dalam lemari agar si tukang masak tidak tergoda untuk mengambilnya lagi.

Setelah makan malam, si tukang masak memberi tahu bahwa ia ingin meninggalkan pekerjaannya, pada malam itu juga. “Mengapa begitu tiba-tiba kau berubah pikiran? Apa yang terjadi?” tanya sang tuan rumah. “Saya tidak mau bekerja pada orang yang balas mencuri,” jawabnya kalem.

0 Coment:

Post a Comment