Pages

Thursday, February 3, 2011

TUJUH JURUS MENJADI SEHAT

Gangguan kesehatan bisa timbul karena udara kotor, makanan tercemar, kurang gizi, kurang minum, kurang olahraga, ataupun kurang istirahat. Kalau factor-faktor resiko itu bisa diubah kea rah yang menguntungkan bagi kesehatan, usia harapan hidup bisa diperpanjang. Terbuka pula kemungkinan untuk meningkatkan kualitas hidup, khususnya bagi mereka yang mulai memasuki usia pertengahan atau di atas 35 tahun.

Ada banyak factor yang dapat menyebabkan timbulnya berbagai penyakit. Beberapa factor memang tidak bisa diubah, seperti genetic, usia dan jenis kelamin. Sementara pola kehidupan moren yang berdampak pada pencemaran lingkungan dan makanan oleh zat kimia rasanya juga sulit dielakkan. Namun ada sebagian factor yang masih mungkin diubah. Misalnya kebiasaan makan dan minum, kerja, olahraga, istirahat, dan lain-lain. Untuk memanipulasi factor-faktor itu dapat dilakukan “tujuh jurusuntuk menjadi sehat” berikut ini.


1.       Hirup Udara Bersih dan Segar
Bernapas dengan udara bersih dan segar dapat menghindarkan diri dari gangguan napas, seperti bronchitis, penyakit asma dan batuk kronis. Latihan pernapasan dapat dilakukan setiap kali bangun pagi. Caranya dengan merentangkan lengan perlahan di atas kepala sambil menarik napas dalam-dalam dan menahannya sebentar dalam paru-paru, kemudian hembuskan perlahan lewat mulut dengan menurunkan tangan secara perlahan.
2.       Minum Air Mineral Murni
Air mineral murni lebih baik daripada kopi atau teh kental, soft drink, minuman keras beralkohol, dan es. Kebiasaan meminum sari buah dan sayuran atau the hijau yang diberi sedikit jeruk nipis akan meningkatkan kesehatan karena kandungan vitamin dan mineralnya dapat memenuhi kebutuhan tubuh. Kebiasaan minum 8-10 gelas air mineral (@ 200 ml) per hari dapat mencegah kekurangan cairan tubuh, khususnya bila berada di tempat panas. Kebiasaan banyak minum juga akan menjaga kelancaran fungsi ginjal dan saluran kemih.
3.       Konsumsi Menu Bergizi Baik dan Seimbang
Gizi yang baik dan seimbang dapat dicapai dengan mengkonsumsi makanan empat sehat lima sempurna.
4.       Kerja, Olahraga, dan Istirahat yang Seimbang
Jangan bekerja keras tanpa istirahat. Biasakan tidur teratur 7-8 jam pada malam hari, dan jangan sering begadang atau tidur kemalaman. Tidur sejenak pada siang hari (sekitar 30 menit) dapat memberikan kesegaran bila udara tempat bekerja cukup panas. Gunakan waktu senggang untuk berolahraga aerobic yang low impact (tidak menimbulkan benturan sendi) sepeti renang, jogging, bersepeda dan senam.
5.       Atur Keseimbangan Kerja Otak
Otak manusia terdiri atas otak besar dan otak kecil. Otak besar terbentuk oleh dua buah belahan, hemisfer otak kanan dan kiri. Dimana otak kanan cenderung untuk hal-hal yang bersifat emosional, sedang belahan kiri untuk mencerna hal-hal yang logis. Jadi keseimbangan penggunaan kedua belah otak tersebut harus dijaga untuk mencegah kita mengalami pikun dini.
6.       Hindari Tindakan Beresiko
Gunakan akal sehat! Jangan mengorbankan hidup dengan menuruti kesenangan diri lewat kebiasaan beresiko. Misalnya, minum minuman keras, merokok, menggunakan obat bius (narkotik) atau obat lain yang berbahaya, berganti-ganti pasangan dan berkendaraan tanpa pengaman (sabuk pengaman atau helm) dan perbuatan lain yang mengandung resiko tinggi.
7.       Gunakan Sumplemen Gizi yang Diperlukan
Banyak penelitian yang menunjukkan pentingnya antioksidan seperti betakaroten, vitamin C, vitamin E, dan selenium untuk meningkatkan vitalitas dan memperpanjang usia harapan hidup.


Langkah-langkah di tas tentu saja harus berlandaskan pada unsure terpenting. Juga tidak boleh lupa berserah diri kepada Tuhan. Ungkapan “Man tries, God cures” dan “Time and nature are healing” harus mengingatkan kita kepada kuasa Allah atas kesehatan dan penyakit kita.

0 Coment:

Post a Comment